Persiapan Menghadapi Lebaran

Halo Wanita ~ Tak terasa kita semua sudah memasuki bulan suci Ramadhan yang biasa disebut juga bulan puasa.  Pada bulan puasa ini kita harus pintar mengatur Menu Sahur dan Buka Puasa untuk keluarga agar tetap bersemangat dan menu tidak membosankan.  Nah, selebihnya kita juga harus secepatnya memikirkan persiapan untuk menghadapi lebaran nanti.  Seperti apakah persiapan yang harus kita buat ? Inilah Tips Persiapan Menghadapi Labaran ala wanita....
  • Buat Perencanaan Matang:  maksudnya adalah ibu-ibu membuat daftar rencana lebaran yang akan dilakukan nanti termasuk budget/anggarannya.  Usahakan rencana tersebut sudah dikonfirmasikan dengan suami dan anak-anak sehingga rencana tersebut benar-benar menggambarkan kegiatan yang akan dilakukan oleh keluarga.  Contoh sederhana dari rencana tersebut harus menjawab: sholat dimana, setelah sholat kunjugan ke tempat keluarga / teman dimana, dll.
  • Bersih-bersih rumah: lebaran berarti bersih-bersih sebagai menyambut hari kemenangan.  Mulai sekarang cicilah dengan membersihkan yang mudah dulu, terutama ruang tamu.  Bila dana memungkinkan ganti cat pagar atau dinding rumah anda agar menimbulkan kesan suasana baru.
  • Baju Baru Keluarga:  lebaran di Indonesia rasanya tidak apdol bila tidak dirayakan dengan baju baru sebagai hari kemenangan.  Untuk itu ibu-ibu harusnya sekarang sudah mulai mencicil baju dan anggaran yang bagaimana untuk dibeli nantinya.
  • Tukar Uang Baru untuk THR: hendaknya mulai sekarang sudah dipersiapkan tanda lebaran berupa THR buat keluarga yang datang ke rumah (terutama buat anak-anak).  Biasanya tempat penukaran uang baru mendekati lebaran banyak terdapat dipinggiran jalan jika kita males datang ke kantor BI.  Jangan lupa siapkan amplopnya.
  • Persiapan Mudik: bagi yang mau melaksanakan lebaran mudik ke kampung halaman, ada baiknya ibu mempersiapkan bekal dan baju selama mudik nanti.
  • Menu dan Kue Lebaran: biasanya lebaran selalu memberikan menu khusus lebaran, misal menu ketupat soto, opor ayam atau menu disesuaikan dengan tamu dan keluarga yang akan datang termasuk anggarannya.  Usahakan kue yang disajikan dapat bertahan selama 7 hari, seperti kue kering yang banyak dijual.  Untuk minuman jangan yang mengandung alkohol walaupun cuma nol koma sekian persen.
Nah itulah persiapan yang harus dibuat keluarga untuk menghadapi lebaran nanti, ada yang mau nambahkan?
Previous Post
Next Post

Saya hanyalah seorang ibu rumah tangga yang hobbi ngeblog dengan tujuan untuk berbagi dan sebagai arsip pribadi. Semoga blog ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Aamiin YRA.

0 komentar:

Terima Kasih Komentar yang Diberikan [No SPAM, No PORN, No JUDI]