Memahami Perkembangan Anak Usia Remaja

Memahami Perkembangan Anak Usia Remaja ~ Halo Wanita.  Bagi ibu-ibu yang mempunyai anak menjelejang remaja ada baik bisa memahami, bagaimana proses yang dapat mempengaruhi daya kembangpertumbuhan anak anda.  Tips di bawah ini dapat dijadikan landasan untuk memantau perkembangan anak anda.
Memahami Perkembangan Anak Usia Remaja
  1. Dalam beberapa literatur, anak usia remaja mempunyai rentang usia antara 12 s/d 21 Tahun.  Masa remaja tersebut terbagi dalam 3 bagian.  Usia 12 - 15 tahun Remaja awal.  Usia 15 - 18 tahun Remaja Pertengahan.  Usia 18 - 21 tahun Remaja akhir.  Namun ada kesamaan dalam usia remaja 12 - 18 adalah masa GALAU dan mencari jati diri.  Sehingga ortu diharapkan dapat membantu dan mengharahkan kepada hal-hal yang positif serta dapat memahami ke"galau"an tersebut. Pada masa tersebut terjadi perubahan fisik seperti binggul, dada , menstruasi dll sudah berkembang pada anak perempuan, termasuk suara dan mimpi basah pada anak laki-laki.
  2. Dari aspek perkembangan kognitif, usia remaja sudah dapat berpikir ilmiah dan dapat cara menarik kesimpulan dari masalah yang mereka dapat.  Penarikan kesimpulan yang dimaksud, usia remaja dapat berpikir deduktif (Umum ke Khusus) maupun induktif (dari Khusus ke Umum).  Ia dapat berpikir secara efektif , sistematis dan proporsional.  Dan mampu mencari beberapa alternatif jalan keluar masalah.  Sehingga ortu sebaiknya jangan lagi menganggap mereka sebagai anak kecil, namun sebaiknya diajak bicara dalam hal mencari jalan keluar masalahnya sendiri.  Orang tua hanya sebagai teman atau supervisor saja.
Nah, bagaimana ibu-ibu, apakah ada inspirasi?  Atau jangan-jangan ibu sendiri yang galau?
Previous Post
Next Post

Saya hanyalah seorang ibu rumah tangga yang hobbi ngeblog dengan tujuan untuk berbagi dan sebagai arsip pribadi. Semoga blog ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Aamiin YRA.

0 komentar:

Terima Kasih Komentar yang Diberikan [No SPAM, No PORN, No JUDI]