Untuk Apa Anak Belajar Menabung?

Untuk Apa Anak Belajar Menabung? ~ Halo Wanita.  Para ibu-ibu dimanapun kalian berada.  Apabila kalian sudah memiliki anak yang sudah mempunyai kemampuan berhitung dan suka sekali Jajan, maka saatnya untuk ajari si kecil belajar menabung sisa uang Jajan sekolahnya atau pemberian "pihak" ketiga (Om, Tante dll).  Bukannya kita mau ajari mereka untuk "kikir atau pelit" namun kita mau ajari mereka menahan diri pada sesuatu yang bersifat konsumtif.  
Untuk Apa Anak Belajar Menabung
Apa saja nilai yang terkandung dari kebiasaan menabung pada anak? Nilai tersebut versi Halo Wanita adalah:
  1. Mampu mengatur perencanaan keuangan pada saat dewasa kelak.  Artinya, si anak kita harapkan jika dewasa kelak sudah terbiasa mempunyai kedisiplinan dalam hal pengaturan pengeluran keuangan.  Ia kelak kita harapkan mampu memprioritaskan mana-mana kebutuhan yang layak harus dipenuhi dan mana kebutuhan yang bisa ditunda. Termasuk ia akan membuat rencana terhadap pembelian yang akan dibelinya kelak.
  2. Mampu mengantisipasi kejatauhan financial dalam keluarga. Anak akan mempunyai kemampuan yang kokoh dalam menghadapi goncangan financial yang terjadi dalam kehidupan keluarganya kelak.
  3. Sebagai investasi masa depan.  Kebiasaan menabung juga menjadikan anak mempunyai kebiasaan berinvestasi pada saat dia dewasa.
  4. Menumbuhkan rasa bersyukur atas pemberian yang dia terima.  Anak kita ajari dengan bersyukur bahwa dia sebagai anak yang beruntung dapat menabung, sementara ada anak yang lain jangankan menabung, makanpun tidak bisa 3 (tiga) kali sehari.
  5. Belajar untuk menahan Emosi diri dan menghindari sikap boros dan berfoya-foya.  Artinya si anak akan mempunyai habit / kebiasaan untuk tidak mengeluarkan uang yang tidak pada tempatnya.  Secara umum, anak tersebut belajar menahan gejolak emosi yang ada.  Artinya kita juga mengasah kecerdasan emosialnya.
Nah, ibu-ibu ternyata sungguh bagus bila putra-putri kita bisa diajari kebiasaan menabung.  Saatnya untuk mengajari putra-ptri anda menabung.

Previous Post
Next Post

Saya hanyalah seorang ibu rumah tangga yang hobbi ngeblog dengan tujuan untuk berbagi dan sebagai arsip pribadi. Semoga blog ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Aamiin YRA.

1 comment:

Terima Kasih Komentar yang Diberikan [No SPAM, No PORN, No JUDI]