12 Daftar Bahan Makanan Sehat

12 Daftar Bahan Makanan Sehat ~ Halo Wanita. Agar  tetap sehat dalam menjalankan diet perlu bahan makanan sehat.  Bahan makanan dapat dikelompokkan sbb:
12 Daftar Bahan Makanan Sehat
  1. Karbohidrat kompleks.  Padi-padian, seperti beras merah, roti gandum, barley, oat, millet, couscous, buckwheat adalah jenis padian yang dikonsumsi di berbagai negara. Jika ingin menggunakan beras putih sebaiknya gunakan beras putih tumbuh (beras yang masih mempunyai mata tunas). Selain itu kentang juga bagus untuk dikonsumsi. Padi-padian kaya akan zat tepung, sumber protein, rendah lemak, karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan mineral.
  2. Polong-polongan kaya akan protein, rendah lemak,sumber  vitamin, dan serat.
  3. Kecambah berasal dari polong-polongan dan biji-bijian. Ia mengandung vitamin E yang tinggi, C-nya mencapai 30% dan vitamin B 30%.
  4. Tumbuhan laut, seperti rumput laut, arame, kombu, jijiki, dan wakame mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang mampu menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.
  5. Bumbu segar dan rempah-rempah. Bumbu memiliki efek melancarkan sirkulasi darah dan pencernaan dengan mengurangi rasa mual dan kembung. Seperti ketumbar, lengkuas, kunyit, temu kunci, daun jeruk, jintan, daun serai, bawang merah, jahe, dan rempah-rempah.
  6. Minyak dan cuka apel. Minyak zaitun organik, minyak biji bunga matahari (bunga safflower) memiliki asam lemak esensial dan vitamin E yang baik untuk jantung dan kulit. Karena mengandung kalori tinggi, gunakan dalam jumlah kecil (sekitar setengah sendok makan). 
  7. Air. Konsumsi air sebaiknya 8 gelas per hari. Bila kurang air bisa membuat hilangnya kesadaran.
  8. Buah-buahan dan sayuran banyak mengandung gizi yang tinggi, vitamin, asam amino, antioksidan, fitonutrien dan mineral. Mengandung serat dan kalum tinggi, sisa dan kalori rendah.Usahakan dalam keadaan segar.
  9. Ikan dan ayam. Hindari ikan yang tercemar merkuri dan ikan kaleng yang tinggi sodium, berpengawet, serta mengandung minyak jenuh.
  10. Produk nonsusu. Contoh produk olahan nonsusu yaitu keju kambing atau domba, rice milk, dan soy milk.
  11. Minuman teh. Green Tea, mint tea, echinaceae tea. Selain itu dapat juga diberikan madu yang dilarutkan air dan perasan jeruk lemon untuk menambah cita rasa.
  12. Makanan lain. Seperti tahu, tempe, tauco, minyak canola, minyak zaitun, wijen
Previous Post
Next Post

Saya hanyalah seorang ibu rumah tangga yang hobbi ngeblog dengan tujuan untuk berbagi dan sebagai arsip pribadi. Semoga blog ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Aamiin YRA.

0 komentar:

Terima Kasih Komentar yang Diberikan [No SPAM, No PORN, No JUDI]