Kenapa Mudah Bercerai...?

Kenapa Mudah Bercerai...? ~ Halo Wanita.  Suatu hari aku menjadi saksi untuk saudaraku untuk kasus Patwa Waris di Pengadilan Agama.  Yang menjadi perhatianku bukan karena lama menunggu antre giliran dipanggil.  Setelah "bergaul" tanya sana-sini, ternyata kasus yang mendominan di kota Banjarmasin adalah perceraian.  Info yang ku dapat bahwa sekitar 100-an kasus perceraian per hari.  Kebayang ga sich, berapa janda dan duda rata-rata dalam se bulan?  Kenapa mereka begitu mudah bercerai...? Apa-apa saja yang memicu percerian di Banjarmasin...?

Menurut data Pengadilan Agama bulan Januari 2015, penyebab perceraian tersebut terjadi digolongkan dalam kasus sbb:
  1. Moral
  2. Meninggalkan Kewajiban
  3. Menyakiti Jasmani
  4. Terus menerus berselisih
  5. Lain-lain  (alasan ekonomi dll).
Urutan data di atas tidak menunjukan peringkat banyak kasus.  Namun, justru kasus nomor 5 pada bulan Januari paling banyak kasus cerai dengan alasan lain-lan.  Alasan kedua karena  Terus menerus berselisih, ketiga, karena Moral, keempat, karena Meninggalkan Kewajiban, dan kelima karena menyakiti jasmani.

Terlepas data di atas, hasil "wawancara" tidak resmi dengan pada ibu-ibu, kebanyakan yang memicu perceraian adalah faktor ekonomi.
Previous Post
Next Post

Saya hanyalah seorang ibu rumah tangga yang hobbi ngeblog dengan tujuan untuk berbagi dan sebagai arsip pribadi. Semoga blog ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Aamiin YRA.

2 comments:

  1. Replies
    1. gas lpg naik, turunnya ke kepala laki..pas benjol...

      Delete

Terima Kasih Komentar yang Diberikan [No SPAM, No PORN, No JUDI]