8 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

8 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan ~ Halo Wanita.  Pada setiap bulan suci Ramadhan umat Islam diwajibkan menuanaikan ibadah puasa. Adakah hubungannya berpuasa dengan kesehatan? Apa saja keuntungan yang dapat diperoleh dengan melakukan puasa? Inilah ringkasan dari buku yang ditulis tim dokter anda tentang manfaat berpuasa untuk kesehatan...
8 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan
  1. Penurunan Berat Badan: ketika berpuasa, kita mendapatkan energi yang lebih kecil dari kebutuhan energi tubuh yang bersifat segera. Akibatnya, tubuh harus menggunakan simpanan energi untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut, sehingga berat badan berkurang.
  2. Mengurangi Risiko terkena Stroke: peneltian membuktikan bahwa berpuasa dapat menyebabkan peningkatan HDL (high-density lipoprotein = lemak baik) dan menurunkan LDL (low-density lipoprotein = lemak jahat). LDL adalah lipoprotein yang merusak kesehatan.
  3. Menurunkan Tekanan Darah: bagi yang memiliki tekanan darah tinggi dan sedang, puasa membantu penurunan tekanan darah. Karena puasa dapat mengurangi makanan yang masuk sehingga jumlah garam yang dikonsumsi juga berkurang. Disarankan untuk tetap berkonsultasi dahulu dengan dokter dalam penyesuaian pemberian obat.
  4. Membentuk Sel-Sel Baru: Ketika berpuasa, tubuh akan terus menggunakan lemak-lemak yang sudah menumpuk sekaligus mengeluarkan toksin dalam lemak tersebut ke aliran darah.
  5. Mengurangi Risiko Diabetes: berpuasa dapat menyebabkan sirkulasi hormon insulin dalam darah akan berkurang, sehingga kita dapat mencegah diri dari ancaman penyakit diabetes.
  6. Mencegah terjadinya Penyakit-Penyakit Psikiatri atau Mental: selama berpuasa kita diwajibkan menahan marah dan sikap-sikap negatif lainnya. Marah dan sikap negatif dapat menyebabkan gangguan kejiwaan.
  7. Memperlambat Masa Penuaan: proses penuaan dapat diperlambat dengan pengurangan asupan kalori dalam tubuh selain efek dari point 7 di atas.
  8. Memperbaiki Keluhan Maag: puasa dapat memperbaiki keluhan maag tidak akut. Dengan berpusa diharapkan dapat mengatur pola makan anda. Disarankan tidak berpuasa untuk maag yang akut.

Saya hanyalah Blogger pemula yang suka belajar. Jangan lupa komentarnya ya. Semoga Blog ini bermanfaat. Aamiin YRA....

1 komentar so far

Terima Kasih Komentar yang Diberikan [No SPAM, No PORN, No JUDI]
EmoticonEmoticon