Nanas, Antara Mitos dan Manfaat

Nanas, Antara Mitos dan Manfaat ~ Halo Wanita.  Konon di masyarakat sudah terlanjur beredar kepercayaan bahwa mengkonsumsi nanas muda bagi perempuan usia kehamilan yang masih muda bisa menggugurkan kandungan. Bahkan sudah menjadi rahasia umum bahwa kandungan airnya yang banyak juga menimbulkan dugaan bahwa nanas dapat menimbulkan "becek" di bagian organ intim kewanitaan. Padahal menurut buku 58 QA yang diasuh timdokteranda hal tersebut hanya mitos dan tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan kebenaran mitos ini.  Mitos ini bermula dari jaman dahulu ketika orang berpendapat bahwa nanas terutama nanas muda memiliki sifat antilmintik dan abortivum yang bisa merangsang rahim berkontraksi.
Nanas, Antara Mitos dan Manfaat

Hasil penelitian menunjukan bahwa nanas mempunyai berjuta manfaat. Diketahui bahwa nanas mengandung enzim bromelain yang memiliki berbagai manfaat, antara lain:
  1. Mempunyai efek antiinflamasi dan mengurangi ederma karena enzim bromelain dapat menghalangi pembentukan kinin.  Efek ini sangat berguna mengurangi gejala pada sinusitis akut, infeksi saluran pernapasan, arthitis, gout, dan pasca-operasi.
  2. Mengurangi tekanan darah tinggi, kadar kolesterol darah, dan mencegah stroke.
  3. Membantu pencernaan karbohidrat, protein, dan lemak.
  4. Mengurangi parasit cacing pada dinding usus sehingga dapat dikeluarkan melalui fases dengan mudah.
  5. Menghambat pertumbuhan sel kanker.
  6. Meningkatkan sistem pertahanan tubuh.
Inilah ringkasan botanis yang diambil dari wikipedia:
Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.

Kandungan Gizi Nanas Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 50
Jumlah Lemak 0,1 g  
Lemak jenuh 0 g  
Lemak tak jenuh-ganda 0 g  
Lemak tak jenuh-tunggal 0 g  
Kolesterol 0 mg  
Sodium 1 mg  
Potasium 109 mg  
Jumlah Karbohidrat 13 g  
Serat pangan 1,4 g  
Gula 10 g  
Protein 0,5 g  
Vitamin A    58 IU    
Vitamin C    47,8 mg
Kalsium    13 mg    
Zat besi    0,3 mg
Vitamin D    0 IU    
Vitamin B6    0,1 mg
Vitamin B12    0 µg   
Magnesium    12 mg

Saya hanyalah Blogger pemula yang suka belajar. Jangan lupa komentarnya ya. Semoga Blog ini bermanfaat. Aamiin YRA....

Terima Kasih Komentar yang Diberikan [No SPAM, No PORN, No JUDI]
EmoticonEmoticon