Tips Memilih Susu Formula yang Tepat

Tips Memilih Susu Formula yang Tepat ~ Halo Wanita. Banyak susu formula yang beredar di pasaran sehingga ibu perlu bijak dalam memilih susu terbaik yang dapat mengganti ASI. Ini Tips yang kami berikan:

Tips Memilih Susu Formula yang Tepat
  1. Pilihlah susu formula yang sesuai dengan umur/usia buah hati anda. Saat ini, produk susu formula yang beredar di pasaran sudah dibuat bertingkat sesuai dengan bertambahanya usia anak, sehingga kandungannya sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang anak. Contoh untuk bayi usia 3 bulan pilihlah susu formula untuk usia 0-6 bulan dst.
  2. Pilihlah susu formula yang mempunyai kandungan lengkap, yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral serta nutrisi tambahan. Untuk bayi, pilihlah susu formula yang memiliki zat besi (sulfas ferosus) lebih atau sama dengan 4 mg/liter. Adapun nutrisi tambahan yang dianjurkan adalah susu formula yang mengandung DHA, ARA, prebiotik, dan probiotik.
  3. Untuk anak yang alergi dengan susu formula berbahan dasar susu sapi, dapat diberikan susu formula yang terbuat dari kacang kedelai (soy bean formula).
  4. Untuk anak yang tidak dapat atau kurang dapat mencerna laktosa sebagai sumber karbohidrat pada susu formula berbahan dasar susu sapi, dapat diberikan susu formula yang bebas laktosa (free lactosa formula).
  5. Untuk anak yang terlahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR) atau lahir dengan kondisi prematur (kurang bulan), sebaiknya diberikan susu formula khusus untuk bayi BBLR atau prematur (hal ini bisa dilihat dari tabel khusus kemasannya).
  6. Untuk bayi yang terlahir dengan kondisi khusus seperti penyakit bawaan atau kondisi kelainan fungsi metabolik, sebaiknya dikonsultasikan dulu pada dokter spesialis anak untuk pemilihan susu formulanya.
  7. Pilihlah susu formula yang dikeluarkan oleh pabrik yang sudah terdaftar dalam BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) karena sudah terjamin kualitasnya dan aman dikonsumsi buah hati anda.
  8. Jangan lupa lihat tanggal akhir penggunaanya (expired-nya).

Saya hanyalah Blogger pemula yang suka belajar. Jangan lupa komentarnya ya. Semoga Blog ini bermanfaat. Aamiin YRA....

Terima Kasih Komentar yang Diberikan [No SPAM, No PORN, No JUDI]
EmoticonEmoticon