Mengenal Jenis Vaksinasi Pranikah Bagi Wanita

Mengenal Jenis Vaksinasi Pranikah Bagi Wanita ~ Halo Wanita.  Bagi yang ingin melakukan pernikahan, ada baiknya mengetahui jenis-jenis vaksinasi yang menjadi keharusan bagi calon pengantin untuk mencegah penularan berbagai macam virus berbahaya. Ada 4 vaksinasi yang sebaiknya dilakukan sebelum melakukan hubungan s3ksual, yaitu:

Mengenal Jenis Vaksinasi Pranikah
  1. Vaksinasi Tetanus Toksoid: diberikan kepada wanita untuk memberikan kekebalan terhadap virus clostridium tetani dan mencegah penyakit tetanus neonarotum pada bayi yang dilahirkan. Virus dan penyakit ini dapat mengakibatkan cacat atau kematian pada bayi. Surat keterangan bebas tetanus toksoid menjadi salah satu persyaratan dalam pengurusan administrasi pernikahan di KUA.
  2. Vaksinasi HBV (Hepatitis B Virus): HBV dapat menular melalui darah, hubungan seksual, penggunaan jarum suntik yang tidak higienis, atau penularan dari ibu ke janin saat di kandungan atau pada persalinan. Hepatitis B menyebabkan pembengkakan hati dan menghancurkan sel-sel hati, sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik.
  3. Vaksinasi HPV (Human Papillomavirus): infeksi HPV dikaitkan dengan berbagai macam jenis penyakit pada daerah anogenital, yaitu vulva, vag1na, serviks (leher rahim), p3nis dan dubur.  Beberapa tipe HPV tidak menimbulkan masalah, tapi dapat menimbulkan genital warts (gatal), bahkan kanker serviks. Lakukan pap smear atau pap test untuk mendeteksi keberadaan HPV pada dinding rahim.
  4. Vaksinasi Varisela (Cacar Air): virus ini menular dari vesikel (gelembung cacar air) penderita varisela akut lewat bersin, batuk, atau kontak langsung. Ibu hamil yang tertular cacar air berisiko melahirkan bayi dengan kelainan atau cacat bawaan. 
Sumber: Seminar Pengembangan Keprofesian Kesehatan Masyarakat, UI-2010.
Previous Post
Next Post

Saya hanyalah seorang ibu rumah tangga yang hobbi ngeblog dengan tujuan untuk berbagi dan sebagai arsip pribadi. Semoga blog ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Aamiin YRA.

0 komentar:

Terima Kasih Komentar yang Diberikan [No SPAM, No PORN, No JUDI]