7 Tips Sehat Puasa bagi Penderita Sakit Maag

7 Tips Sehat Puasa bagi Penderita Sakit Maag ~ Halo Wanita.  Saat memasuki bulan suci ramadhan, para penderita penyakit maag banyak yang ragu-ragu dalam menjalankan ibadahnya. Apakah nanti kuat ataukah tambah sakit.  Berikut beberapa tips puasa sehat bagi penderita sakit maag di bawah ini:
7 Tips Sehat Puasa bagi Penderita Sakit Maag
Baca Juga: 5 Langkah Agar Saat Puasa Anda Tetap Prima [Klik Disini]

1) Makan Sayur dan Buah
Perbanyaklah untuk mengkonsumsi sayur dan buah-buahan.  Sayur dan buah banyak mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Bagi penderita maag tentu ini sangat membantu kerja lambung dalam mencerna makanan.

2) Wajib Sahur
Usahakan wajib mengikuti ibadah sahur untuk memberikan asupan gizi dan makanan bagi tubuh.  Jangan sekali-kali ibadah sahur tidak dilaksanakan.

3) Minum yang cukup saat sahur dan buka
Tubuh kita sudah mempunyai ketentuan masalah kebutuhannya. Aturan minum saat puasa sama saja dengan minum saat tidak berpuasa. Minimal dalam sehari 2 liter, atau sekitar 8 gelas. Jika dibagi untuk waktu sahur dan buka, maka sahur 4 gelas, buka 4 gelas. Minum yang cukup juga membantu proses pencernaan makanan dan memulihkan stamina.  Kecuali ada penyakit jantung sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter, apakah konsumsi air masih dibolehkan sebanyak 2 liter.

4) Hindari makanan yang mengandung gas
 Di antara makanan yang mengandung gas adalah makanan berlemak karena menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung. Hindari pula sayur seperti kol, nangka, sawi, juga buah pisang ambon, kedondong, buah yang dikeringkan, dan segala jenis minuman bersoda, kopi, dan alkohol. Jauhi juga makanan yang terlalu pedas, dan asam. Jenis makanan tersebut tidak berjodoh dengan penderita maag. Memang makanan tersebut mengandung serat, tapi terlalu banyak sehingga tidak cocok bagi penderita maag.

5) Memperhatikan porsi makan
Penderita maag diusahakan jangan memaksa porsi makanan tertentu hanya karena suka makanan tersebut. Porsi makan yang baik bagi penderita maag adalah sedikit tapi sering. Jenis makanannya juga yang tidak terlalu keras, tapi yang lembut dan lunak.

6) Hindari Stress
Stress salah satu pemicu penyakit maag. Tahukan anda, stres dapat meningkatkan sekresi asam lambung yang dapat memperparah sakit maag.

7) Konsultasi Dokter
Karena jenis maag ada yang berbeda termasuk tingkatannya bagi penderita, maka sebaiknya penderita penyakit maag untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kepercayaannya. 
Previous Post
Next Post

Saya hanyalah seorang ibu rumah tangga yang hobbi ngeblog dengan tujuan untuk berbagi dan sebagai arsip pribadi. Semoga blog ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Aamiin YRA.

0 komentar:

Terima Kasih Komentar yang Diberikan [No SPAM, No PORN, No JUDI]