Ada Keluarga yang Harus Irit lebaran Tahun ini, Siapa Mereka?

Ada Keluarga yang Harus Irit lebaran Tahun ini, Siapa Mereka? ~ Halo Wanita.  Lebaran bersama keluarga adalah dambaan setiap orang yang sudah memilikinya.  Dan dalam pelaksanaannya, keluarga tersebut tentunya menyiapkan peralatan yang akan dipakai hari kemenangan tersebut. Setiap dekat hari lebaran biasanya ibu-ibu mula sibuk membuat kue-kue, bahkan hidangan makanan sup, soto dll. Ibu-ibu tentunya sadar bahwa sebelumnya ia sudah mengeluarkan biaya pembelian baju baru untuk buah hatinya.  Nah, dalam kondisi tertentu, ibu-ibu tersebut tidak semuanya dapat melaksanakan keinginannnya karena ada sesuatu. Kondisi bagaimanakan itu?

Ada Keluarga yang Harus Irit lebaran Tahun ini, Siapa Mereka?

1. Putra-Putri Tahun ini Menjadi Siswa / Mahasiswa Baru.
Tahun ini penerimaan peserta didik baru (ppdb) serentak dan hampir secara bersamaan dengan penerimaan mahaiswa baru. Di beberapa daerah penerimaan tersebut masih terjadi di bulan puasa ramadhan. Bagi yang mempunyai budget / Anggaran terbatas hal ini tentunya harus benar-benar dalam mengatur keperluan yang sangat diperlukan. Aturlah menu lebaran yang sederhana termasuk kue yang akan disajikan nanti. Jangan paksakan apalagi ngutang hanya untuk membuat tamu puas.  Komunikasikan dengan para tamu pada saat yang tepat bahwa kalian tahun ini mohon pengertiannya karena si A harus kuliah dan memerlukan dana yang tidak sedikit. Dalam pembelian baju juga sama. Kalau biasa beli 2 pasang, sekarang cukup 1 atau atasannya saja.  Gunakan Celana atau Bawahan lebaran tahun lalu yang masih baru.

2. Kena PHK
Bagi yang baru saja mengalaminya, maka hendaklah tahun ini lebarannya harus disesuaikan. Usahakan sisa duit yang ada cukup untuk bertahan sampai dapat pekerjaan lagi, syukur kalau dana yang didapat akan menjadi modal usaha.  Dalam hal pembelian baju dan hidangan lebaran cukup yang sederhana. Artinya dana tersebut tidak mengganggu kondisi yang ada.

3. Mendapat Musibah
Ini adalah kondisi yang semua orang tidak menghendakinya.  Keadaan seperti ini cenderung cobaan dari yang Maha Kuasa untuk menguji Kesabaran kita.  Bila keadaan tersebut menimpa salah satu keluarga, maka dengan sangat terpaksa seluruh keluarga ikut prihatin. Rasa prihati tersebut diperlihatkan dengan tidak melakukan hal-hal yang terkesan berlebih.

Demikian kondisi keadaan keluarga yang harus irit/prihatin lebarannya tahun ini versi Halo Wanita.

Saya hanyalah Blogger pemula yang suka belajar. Jangan lupa komentarnya ya. Semoga Blog ini bermanfaat. Aamiin YRA....

Terima Kasih Komentar yang Diberikan [No SPAM, No PORN, No JUDI]
EmoticonEmoticon